Tuesday, July 12, 2011

Day 2, Batu Caves & Genting Highlands, Malaysia


June 24, 2011

Day 2 at Malaysia.
Karena kelelahan semalam, tidur berasa enaaaak banget heheheh #alasanpasbuatmolor. Cuman, kali ini klo mo molor agak aman..pasalnya shubuh di KL kira2 baru jam 6-an heheheh. So, after absen ke Yang Maha Kuasa baru deh aku packing. Sebenernya ga banyak yang di unpack sey secara baru hari pertama, dan tambahan isi carrier cuman 1 pcs short Uniqlo yang kubeli kemarin.

Guesthouse kami menyediakan free breakfast, so sebelum cabs qta sempetin untuk isi perut sedikit. Menu sarapannya simple sey Banana Cake, roti plus selai, kopi, teh dan cereal. Lumayan buat mengganjal perut. Kelar sarapan, kami langsung check out dan naik taksi menuju Puduraya Bus Station. Kami memilih menggunakan taksi karena setelah bertanya pada resepsionis guesthouse biayanya hanya sekitar RM 5. So, lumayan murah lah ya, sayangi punggung demi 9 hari kedepan heheheh..

Puduraya sendiri baru dibuka kembali April 2011 setelah sempat dipindahkan sementara ke Bukit Jalil karena sedang direnovasi. Sumpah, ini terminal bus udah mirip Terminal 3 Soekarno Hatta di Indo. Ckckckck..infrastruktur disini emang mantabs...

Setibanya di Puduraya, kami langsung menuju tempat penitipan tas ato beken dengan nama "Tempat Simpan Bek". Planningnya, hari ini kami akan mengunjungi Batu Caves plus Genting Highland lanjut ke LCCT Airport untuk menginap karena flight kami ke Macau bisa dibilang cukup pagi (pkl.06.30). So,supaya lebih nyaman pas maen2 di Batu Caves and Genting Highlands, kami titipin tas di Puduraya dan baru diambil nanti pas mo cabs ke airport. Murah kok, RM 2 per 24 jam per bag. Tak lupa, kami beli dulu tiket bus ke Genting Highland (Incl. Skyway PP RM 19.2 per person). Then, let's go to Batu Caves!!!!

Dari Puduraya ke Batu Caves dapat ditempuh melalui dua cara:
1) Naik bus direct dari Puduraya ke Batu Caves. Bus-nya biasanya ada tulisan batu caves. Cuman, bus ini akan sering berhenti cukup lama untuk mengumpulkan penumpang di beberapa spot. Jadi lama deh nyampe-nya.
2) Naik LRT dari Puduraya ke Bank Negara. Lalu, interchange ke KA Komuter yang akan mengantarkan kita direct ke Batu Caves. Nah, cara yang ini lebih dianjurkan sama petugas informasi yang kami jumpai di Puduraya.

So, qta pake cara yang kedua deh..selain itu, ini kali pertama aku naek komuter di Malay, padahal ini sudah kunjungan ku yang ketiga heheheh. Komuternya bersiih banget, nyaman lah untuk ukuran publik transportasi. Selang 1 jam (incl. nunggu kereta datang) nyampe deh kita di Batu Caves.

Batu Caves sendiri merupakan gua yang terletak diatas ketinggian 272 anak tangga. heheheh..jadi mesti bener2 mesti berbekal sepatu yang nyaman plus jaga stamina kaki klo mo kesini. Di pintu masuknya terdapat kuil dengan patung dewa yang bakal sering kita temui kalo kita berkunjung ke Thailand. Selain itu, sebelum mulai menaiki anak tangga..kita akan dihadang sekelompok burung dara yang berkerumun didepan patung Dewa Murugan yang konon katanya paling tinggi di dunia (140 kaki = 47.2 metres).


Didalam batu caves nya sendiri, terdapat beberapa kuil untuk sembahyang. Karena batu caves sendiri merupakan sentral ritual agama umat Hindu di Malay, tak heran jika disekitar lokasi banyak dijual sarana peribadatan. Selain itu, didalam gua banyak monyet berkeliaran cuy..so, keep up your belonging yaaa...

Puas, mengitari Batu Caves sekitar pukul 11 kami memutuskan untuk menuju Genting Highland. Dengan media komuter lanjut LRT (sesuai rute berangkat), kami kembali ke Puduraya. Tiket bus kami ke Genting sey jam 13.30 so, sembari membunuh waktu kami lunch dulu di foodcourt. Ga berasa udah hampir setengah 2 aja. So kami memutuskan untuk menuju gate keberangkatan saja. Apesnya, karena berpikir waktu nya masih memungkinkan, kami ke toilet dulu..lah kok..itu menyebabkan kami ketinggalan bus yak? sumpah..pas di tangga keberangkatan kita udah lari2 supaya bus yang melintas dihadapan kami berhenti, apa daya bus disini bener2 on time..so ketinggalan deh kita#tepokjidatmodeon.

How's then?? menurut pengalaman tahun lalu (aq ama Chanz juga ketinggalan bus ceritanya) kita bisa naek bus berikutnya (sejam kemudian..) selama masih ada seat yang kosong. So, samil menunggu kami menjama' shalat dulu baru deh harap-harap cemas di gate keberangkatan berikutnya. Crossing our fingers, wishing there's still available seats for us.. Alhamdulillah...kami berangkat akhirnya.

Tujuan utama ke Genting kali ini sey, cuman mo maen sky venture plus Flying Coaster. Dulu udah pernah masuk theme park nya yang menurut ku sey biasa aja. Ga ada yang menantang hahahahaah...Namun sayang, impianku maen sky venture harus kandas lantaran register untuk maen hari itu closed. Aq juga baru tahu sey, klo ada quota pengunjung per hari-nya. Sebal sey, tapi ya itu dia..there's always reason to come back.

Ga mo kemaleman, sekitar jam 7 qta cabs dari Genting kembali ke Pudu. Tak lupa ambil carrier di counter Simpan Bek. Tujuan kami selanjutnya, KL Sentral. Dari Pudu ke KL Sentral kami menggunakan monorail biar murah merian (RM 1.3 per person). Nah, pas nyampe KL Sentral kan harusnya kita langsung ke basement buat naik Aerobus yang akan mengantarkan kami ke LCCT, cuman basement nya lagi sepi...jadi serem deh...tapi untungnya setelah kita nanya2, ternyata Aerobus terakhir ke LCCT udah mangkal di sisi depan KL Sentral..alhasil qta mesti cepet2 nyusul itu bus sebelum berangkat. Dan sekali lagi Alhamdulillah, kita ga ketinggalan heheheh...

Karena bus nya udah lumayan penuh, kami ga bisa duduk sebelahan. Dan OMG, again aq harus pasrah duduk sebangku dengan cowok yang cerewet gila. Perjalanan menuju LCCT yang rencananya jadi timing yang tepat buat melepas lelah raib gara2 obrolan gajebo yang ga ada stop nya....deuh..dejavu ama jaman pertama kali maen ke KL di taon 2009 deeh...

Sekitar pukul 23.30 kami berdua tiba di LCCT. Sebelumnya, Prew udah konfirmasi klo flight nya dari Jakarta akan tiba sekitar pukul 23.45 dan Emoy baru landing dari Surabaya sekitar pukul 01.00 dinihari. Namun apadaya, ternyata flight AA dari Jakarta delay donks..ckckckckck..so, sembari menunggu plus menghindar dari "teman sebangku" ku di Aerobus, aku menjama' shalat maghrib dan ISya bergantian dengan si Abang. And Next, qta udah menemukan posisi PW buat merebahkan badan di bandara. Yoai, sederetan bangku di hall kedatangan domestik. Heheheh...It's my first time of stay overnite at the airport...


Notes:
Batu Caves : Free entrance
Bus from Pudu Raya - Genting PP : RM 19.2 (Incl. Skyway)
Flying Coaster : RM 12 per person per ride

6 comments:

  1. cieee santi masi inget mas2 dr indo yg ngefans beratt ma kamu yahhhh...yg duduk sebelahmu en ngasih coklat..co cwitttt.hihihihi

    ReplyDelete
  2. hahahaha..sialan kamu emoy!!! itu mas2 gajebo yah, ampe nelponin mlulu dari KL pas qta udah balik Indo..fiuh...

    ReplyDelete
  3. Hwee..ini sebenarnya yang comment sapa yak...pake ID dunks wkwkwkwk....
    Naksir?? i don't know??? wkwkwkwk

    ReplyDelete
  4. Hi, Susanti
    Aku telah baca pengalamanmu di Malaysia, ada beberapa pertanyaan (Sebab aku mau tiru perjalananmu di Malaysia)
    1. Batu Cave, dari Puduraya kamu naik LRT sampai Bank Negara lalu interchange ke KA komuter. Apakah lokasi LRT dan KA komuter dalam satu gedung, ataukah harus jalan kaki dulu mencari lokasi KA Komuter yang ke Batu Cave?
    2. Di Batu Cave katanya banyak monyet, kira-kira apakah para monyet tsb sama "usil"nya seperti di Sangeh, Bali? Misalnya suka ambil barang-barang turis, Kaca-mata, dompet dsb.
    3. Kamu ke Genting naik bis apa, rasa-rasanya kok mahal RM 39,8 PP, sebab aku browsing ada bis Genting Express dari Puduraya RM 8,50 (One way, include skyway), dan return RM 3,50 (exclude Skyway). bagaimana komentarmu, sebab aku belum pernah ke Malaysia.

    From: Eddy Santoso
    Sidoarjo, Jawa Timur.

    ReplyDelete
  5. Hi Eddy,

    1) Untuk interchange dari LRT ke KA Komuter, lokasinya tidak berada dalam satu gedung (terpisah). Dari LRT Bank Negara, kamu tinggal menyusuri koridor plus tangga keluar LRT area kemudian belok ke arah kanan (Bank Negara). Nah pas keluar area, kira2 setelah 5 menit jalan bakalan ada tikungan ke arah kanan yang juga berupa koridor. Telusuri saja koridor ini dan kamu akan ketemu stasiun komuter menuju batu caves. Klo kamu benar, koridor ini akan melebar dan menjadi sebuah jembatan dengan sungai dibawahnya ^^, in case takut salah, bisa coba bertanya dulu dengan petugas di LRT bank Negara ato dipintu keluar.

    2) Untuk masalah monyet, usilnya sey sama aja kali ya..cuman klo kacamata sama dompet, ga sey..paling minuman botol yang ditenteng dan dikantong plastik, so..masukin aja dalam tas. Selain itu, monyetnya kebanyakan pas kita udah di bagian atas cave-nya kok, pas naik 200-an anak tangga nya sey aman2 aja

    3) Heheheh, untuk bus ke Genting-nya aq salah tulis ternyata. Yang benar RM 38,4 PP untuk berdua. Itu udah all in, bus plus skyway-nya PP. Di post ini juga udah di update. Thanks yak atas koreksinya.

    Enjoy your trip yaa...

    ReplyDelete